Selasa, 10 April 2012

Sutradara Misbach Jusa Biran Meninggal

Rabu, 11 April 2012 |
Sutradara Misbach Jusa Biran Meninggal Sutradara Misbach Jusa Biran Meninggal















TANGERANG- Sutradara dan penulis skenario senior Indonesia Misbach Jusa Biran meninggal, Rabu, pukul 07.00 WIB di Eka Hospital, Serpong, Tangerang, Banten.

Misbach menjalani perawatan di rumah sakit itu sejak 31 April 2012 akibat menderita gangguan paru-paru. Misbach kelahiran Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten 11 September 1933.

Misbach Yusa Biran, lahir di Rangkasbitung, Lebak, Banten, 11 September 1933 adalah sutradara film, penulis skenario film, drama, cerpen, kolumnis dan sastrawan Indonesia serta pelopor dokumentasi film Indonesia.

Ia lahir dari pasangan yang berasal dari Minangkabau (ayah) dan Banten (ibu). Biran menikah dengan aktris Nani Widjaya pada tahun 1969, dan dikarunia dengan enam orang anak, dan dua di antaranya mengikuti jejak mereka di dunia film, yaitu Cahya Kamila dan Sukma Ayu.

Kontribusi Biran yang terbesar untuk perfilman nasional adalah dengan berdirinya Sinematek Indonesia pada tahun 1975. Lembaga berusaha untuk mendokumentasikan film nasional secara independen.

Ia memimpin Sinematek Indonesia hingga tahun 2001. Sosoknya bahkan menjadi identik dengan lembaga tersebut.

Sumber: google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar