Minggu, 19 Juni 2011

Kepiting Berbulu






A Fifis/ IFREMER

Kepiting baru yang disebut Kiwi hirsuta ini berukuran sekitar 15 cm. Ia ditemukan di aliran hydrothermal di Lautan Pasifik

Para penyelam telah menemukan sejenis hewan bercangkang baru (crustacea) di Lautan Pasifik Selatan yang mirip kepiting. Uniknya, hewan ini memiliki lapisan serupa bulu halus berwarna pirang di capit dan kaki-kakinya.

Menurut para peneliti Prancis, hewan yang mereka sebut Kiwa hirsuta itu sangat berbeda dibanding spesies lain, sehingga mereka memasukkannya dalam golongan atau genus baru, dan keluarga baru.

Tim penyelam menemukan kepiting aneh itu di kedalaman 2.298 meter di sebuah wilayah sekitar 1.440 kilometer sebelah selatan Pulau Easter tahun lalu, demikian menurut Michel Segonzac, dari Institut Eksplorasi Laut Prancis atau IFREMER.

Temuan crustacea baru itu dijelaskan dalam journal Museum Sejarah Alam Nasional Paris edisi Selasa (7/3). Kepiting berbulu ini berwarna putih dan panjangnya sekitar 15 centimeter atau sebesar piring salad.

Karakteristik menakjubkan yang membuat heran para peneliti adalah bulu-bulu halus yang menutupi capitnya. Temuan ini merupakan hadiah berharga dalam ekspedisi penyelaman yang diorganisir oleh Robert Vrijenhoek dari Monterey Bay Aquarium Research Institute di California.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar